Memilih Istilah Bahasa Indonesia

Barokah Ruziati
Bagaimana ya menentukan kata-kata yang perlu diindonesiakan dan yang tidak. Kata yang saya anggap sudah lazim seperti surel atau sif, oleh orang lain dianggap tidak lazim dan diganti menjadi e-mail atau shift. Kadang bertanya-tanya, tapi saya percaya editor lebih awas dan jeli. Memang sebaiknya kembali ke selingkung penerbit ya. Tidak bisa memuaskan semua orang. (edisi TSJS alias tanya sendiri jawab sendiri :P)
January 1, 2013 at 7:56am

Dina Begum Iya, bener. Kalau aku sih ‘nyontek’ dari buku terjemahan lain keluaran penerbit yang sama biar tahu kira-kira gayanya kayak apa. Enggak jaminan terjemahanku bener juga sih tapi daripada ngerepotin editor dengan dikit-dikit nanya rasanya cara ini cukup membantu.
January 1 at 9:16am · Like · 6

B Sendra Tanuwidjaja Kalau mau cara yang mudah terjemahkan saja dulu sesuai kemauan anda. Kalau salah nanti kan diperbaiki redakturnya. Sukur-sukur anda dikabari mengenai kesalahan itu jadi selanjutnya anda tahu harus menerjemahkan bagaimana.
January 1 at 2:29pm · Like

Barokah Ruziati Iya, untunglah ada editor yang berbaik hati menyampaikan koreksinya. Dari situ saya tahu bahwa kata yang saya pilih dianggap tidak lazim (bukan salah).
January 1 at 3:59pm via mobile · Like

Melody Violine surel atau posel yang lebih lazim ya 😕
akhir2 ini aku sering liat posel
January 4 at 4:13pm · Like

Barokah Ruziati posel?
January 4 at 6:18pm via mobile · Like

Melody Violine surat elektronik versus pos elektronik sebagai padanan email
… maaf jadi OOT
January 4 at 6:48pm · Like

Barokah Ruziati Ooh gak OOT kok. Aku malah baru denger posel. Udah banyak yang pakai toh?
January 4 at 7:31pm via mobile · Like

Melody Violine aku nemunya di dokumen/surat gitu mba, jarang di fiksi
January 4 at 7:36pm · Like

Ikram Mahyuddin id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik
January 4 at 7:50pm · Like · 2

Femmy Syahrani Saya lebih sering lihat surel daripada posel. Kayaknya tergantng pengalaman masing-masing ya.
January 5 at 7:35am · Like

Melody Violine brarti masih lebih umum surel, untung blum pernah make posel
January 5 at 7:41am · Like

