Peran Terjemahan dalam Pengenalan Budaya Asing

Melody Violine
saya mau menulis makalah tentang peran terjemahan dalam pengenalan budaya asing bagi anak atau remaja, kakak2 ada yang punya rekomendasi karya yang cocok saya teliti? 😀
April 5, 2012 at 3:10pm

Melody Violine inggris-indonesia aja ya, sebenernya pengen manga tapi ga ngerti bhs jepang T~T
April 5, 2012 at 3:10pm · Like

Esti Budihabsari Semacam HC Andersen, Mark Twain gitu? Little House on the Prairie, Enid Blyton…
April 5, 2012 at 3:18pm · Like

Dion Yulianto Enid Blyton setuju … atau Karl May
April 5, 2012 at 3:21pm · Like

Endah Sulwesi harry potter
April 5, 2012 at 3:35pm · Like

Lulu Fitri Rahman setuju sama karya-karya enid blyton. terjemahannya juga luar biasa.
April 5, 2012 at 3:52pm · Like · 4

Sri Noor Verawaty Enid Blyton… banyak unsur budaya & moral (walopun cerita2nya versi jaman dulu)
April 5, 2012 at 6:58pm · Like

Rahmani Astuti little women & good wives (louisa may alcott), seri little house on the praire…
April 5, 2012 at 7:32pm · Like

Eka Budiarti Cerita silat, terutama karangan Chin Yung, ada unsur patriotisme, setia kawan, bakti pada orang tua, hormat pada guru. Banyak unsur budayanya juga.
April 5, 2012 at 7:37pm · Like · 1

Reita Ariyanti Memoirs of A Geisha. Eh, anak atau remaja yah? Hehehe… Totto Chan. Buku2nya Jacqueline Wilson.
April 6, 2012 at 8:12am · Like

Nadiah Alwi Seperti teman2 di atas, karya2 Enid Blyton. Ingat dulu aku mengenal banyak kebiasaan orang Inggris dari karya2 beliau . Nanti ceritain isi makalahnya ya.
April 6, 2012 at 8:25am · Like · 1

Linda Boentaram setuju buku Enid Blyton dan Jacqueline wilson. Atau teenlit kontemporer seperti Hannah Montana, Glee dll.
April 6, 2012 at 9:01am · Like · 1

Deesis Edith Mesiani gimana kalo komik korea? educomics seri treasure hunting? di situ banyak diperkenalkan kebudayaan dari berbagai negara di dunia. Atau komik “goong”, banyak memperkenalkan kebudayaan kerajaan korea. banyak istilah yg diberi penjelasan oleh penerjemahnya…
April 6, 2012 at 11:21pm · Like

Deesis Edith Mesiani eh sorry, komen pertamanya kelewatan tnyt inggris-indonesia aja ya…hihihi…kalo gitu enid blyton juga boleh…waktu kecil sering baca seri petulangan/detektif kry enid blyton jd punya kesan kalau anak inggris suka bawa bekal limun, roti jahe, dan cokelat…lalu suka main di sungai kalo pas musim panas…tp mungkin ada bbrp budayanya sudah tidak update di zaman sekarang kali yaa
April 6, 2012 at 11:29pm · Like · 1

Melody Violine hampir semua merekomendasikan Enid Blyton
aku cari pinjeman dulu ah, hehehe, waktu kecil aku minjem doang di perpus soalnya

terima kasih, kakak2 semua ^^
April 7, 2012 at 5:13am · Like

Linda Boentaram kalo ga salah karya2 Enid Blyton ditulis sebelum PD II, jadi kalau Melody mau membahas budaya asing kontemporer, mending fokus ke teenlit atau karya2 Jacqueline Wilson utk budaya remaja Inggris (misalnya Vicky Angel & Cookie)
April 7, 2012 at 8:46am · Unlike · 2

Melody Violine iya juga ya mba Linda…
panggil Mery Riansyah di Cookie gimana? banyak unsur budaya yg bisa dikenalin ke anak2?
April 7, 2012 at 11:22am · Like

Linda Boentaram numpang jawab sementara tunggu Mery ^^ yg kepikiran skrg sih cara anak2 di sana merayakan ulang tahun, pergi sekolah (seragam vs. baju bebas), dan tentu saja menu makanannya (jd laper lagi…)
April 8, 2012 at 7:54pm · Like

Mery Riansyah unsur budaya di cookie? ;D
Kayaknya hampir sama dengan semua buku2 JW. ada pesta ulang tahun, acara minum teh.
Harus remaja/anak ya, mel?
kalau menurutku coba bukunya Judy Blume yang Are You There, God? It’s Me Margareth…
April 9, 2012 at 7:00am · Like

Mery Riansyah eh tp itu buku jadul banget sih *ga ngebantu malah ngebingungin yaaa ;D
April 9, 2012 at 7:01am · Like

Rini Nurul Badariah Mungkin sebaiknya yang relatif mudah diperoleh versi asli dan terjemahannya, jadul atau bukan. CMIIW:)
April 9, 2012 at 7:07am · Like · 3

Melody Violine Judy Blume udah jarang keliatan, hehe
makasih info dari Mery Riansyah
moga2 lusa dosenku kasih pencerahan
berkat berbagai usul di sini nanti aku nggak gagu di depan beliau
April 9, 2012 at 4:15pm · Like

Advertisements